Translate

Minggu, 24 Juli 2016

JALAN JALAN sendiri ke jepang .. bagaimana mulainya ?

bermula dari searching videoclip di youtube kwalitas tinggi, nggak sengaja saya menemukan video ini ..

courtesy of youtube

mungkin karena video nya bagus atau backsoundnya cocok, saya sangat terkesan dengan keindahan desa ini yang kemudian diketahui adalah Shirakawago - desa tradisional di Gifu perfecture - JAPAN ......

timbullah impian untuk mengunjungi desa itu dimusim dingin ... karena pemandangan yang indah dan saljunya yang sangat tebal ... berarti kami harus ke Jepang ..

dulu jalan jalan ke jepang itu kebayang mahal dan susah karena bahasanya .. nah setelah trip ini selesai mudah mudahan kita akan tau seperti apa sebenarnya jalan jalan ke jepang ,,,

shibuya crossing di hari minggu                                                                                        (foto: dok pribadi)

saya mulai googling mencari tahu informasi mengenai Shirakawago dan tempat tempat lain yang biasa dikunjungi turis di Jepang. Tripadvisor.com, japan-guide.com, expedia.com, jnto.go.jp adalah beberapa website yang bisa digunakan untuk menambah informasi dan masih banyak website lainnya. Dari sini saya mendapat banyak sekali informasi berharga yang sangat berguna saat kami benar benar berangkat ke Jepang.

Sampai suatu saat kebetulan saya mendapat email dari Airasia yang memberikan promo harga ringan. Waktu itu harga tiket Jakarta-Osaka pulang pergi kurang lebih 7 jutaan. Setelah masuk ke webnya, entah dapat ide darimana, saya langsung memesan tiket untuk tujuan Jakarta-Osaka pulang pergi.

KLIK ! ....

Disinilah perjalanan ini dimulai .....

Beli Tiket dulu .... itu yang penting !

mungkin hal ini bisa diperdebatkan, beli tiket dulu ...? Tapi itulah yang saya jalani.
Idenya adalah kalau kita sudah membeli tiket, maka mau nggak mau kita harus siap siap untuk berangkat .. ya kan ? No turning back ...

nah persiapan lainnya perlu kira kira 2-3 bulan tergantung seberapa rajin kita googling dan menyiapkan tripnya.

hal hal yang perlu dan harus disiapkan,

1. harus punya passport dan cek masa berlaku passport, minimal masih berlaku 6 bulan sejak tanggal kedatangan ke negara yang kita tuju.

2. apply visa jepang, karena indonesia bukan negara yg dapat fasilitas bebas visa. Kalau punya e-passport cukup didaftar sekali ke kedubes jepang selanjutnya tidak usah mengajukan visa lagi.

3. siapkan itinerary trip, bisa yang ringkas atau yang lengkap tergantung kebutuhan dan kebiasaan masing. Cara membuat itinerary juga harus cukup detail, karena biasanya kalau kita sudah membuat itinerary sendiri secara nggak sadar kita sudah menghafal isi itinerary itu.

4. perhitungan budgeting selama perjalanan, mulai dari persiapan barang yang perlu dibeli sebelum berangkat, biaya biaya pengurusan dokumen, transport, uang makan sampai uang jajan dan keprluan membeli souvenir. Karena biasanya sampai di negara orang, semua souvenir nampaknya menarik walaupun kalu dihitung hitung nggak murah.

5. pakaian adalah hal lain yang perlu dipertimbangkan. Tergantung musim waktu kita berangkat, menentukan jenis pakaian yang perlu kita bawa, Tapi selalu bawa seperlunya, karena kita tidak ikut Tour, jadi semua koper akan kita bawa sendiri.

6. Koper ukuran 20-24 inch dengan roda yang kuat bisa jadi pilihan yang memadai. Terutama kota kecil di Jepang banyak tempat yang harus menggunakan tangga biasa bukan escalator. Bagian koper yang paling sering bermasalah adalah roda, karena akan banyak sekali kondisi dimana kita harus menarik koper di station, dari station ke hotel, kadang tersangkut gap antara platform dan cabin kereta dan lain hal.

7. Obat obatan. Di negara orang, obat tidak dengan mudah didapat terutama obat khusus macam antibiotik dan obat spesifik lainnya. Juga akan lebih baik kalau kita menggunakan obat yang telah biasa kita konsumsi.

8. Peralatan elektonik keperluan pribadi macam charger, battery rechargeable, camera. Jangan lupa mengecek voltage listrik dan jenis plug yang berlaku di negara tujuan. Untuk jepang adalah 110V dan plug 2 pipih.

menarik koper adalah hal yang rutin                                                      (foto: dok pribadi)

itinerary ... untuk apa ?

Setelah kita memiliki tiket, hal yang perlu disiapkan adalah itinerary. Itinerary yang baik akan sangat membantu dan mengefisienkan waktu dalam perjalanan nanti. Apalagi kalau kita termasuk type traveller nggak bisa diam. Waktu yang terbuang 1 jam, untuk mencari tujuan baru atau menentukan mau jalan kemana, bisa digunakan untuk naik kereta dari Osaka ke Kyoto misalnya .. daripada terjadi hal seperti itu, lebih baik kita lebih rajin siapkan di indo aja ..

dalam menyusun itinerary sebaiknya kita googling dulu tempat tempat wisata di jepang, kemudian tentukan tempat mana saja yang mau kita kunjungi dicocokan dengan lama perjalanan kita. Ada yang mau slow pace dan ada yang mau lebih fast pace , apapun pilihan nya sesuaikan dengan keinginan dan fisik masing masing.

misalnya untuk perjalanan 10 hari ,

untuk slow pace,
Day 1 23/12/2013    CKG - KIX      Flight Airasia QZ123
Day 2 24/12/2013    Osaka               Namba, Shinsaibashi
Day 3 25/12/2013    Takayama         Nakabashi Bridge, Takayama Jinja, Sanmachi
Day 4 26/12/2013    Shirakawago    Gassho, Shiroyama, 3 Houses
Day 5 27/12/2013    Osaka               Tsutenkaku, Shinsekai
Day 6 28/12/2013    Osaka               Osaka Castle, Kaiyukan
Day 7 29/12/2013    Tokyo               Sensoji temple, Ueno
Day 8 30/12/2013    Tokyo               Tokyo Disneyland
Day 9 31/12/2013    Tokyo               Shibuya, Harajuku
Day 10 1/01/2014   KIX - CKG        Flight Airasia QZ235

untuk yang lebih suka fast pace,
Day 1 23/12/2013    CKG - KIX      Flight Airasia QZ123
Day 2 24/12/2013    Osaka               Osaka Castle, Kaiyukan, Shinsaibashi
Day 3 25/12/2013    Takayama         Nakabashi Bridge, Takayama Jinja, Sanmachi
Day 4 26/12/2013    Shirakawago    Gassho, Shiroyama, 3 Houses
Day 5 27/12/2013    Osaka               Tsutenkaku, Shinsekai, Namba
Day 6 28/12/2013    Kawaguchiko   Lake Kawaguchiko
Day 7 29/12/2013    Tokyo               Sensoji temple, Harajuku
Day 8 30/12/2013    Tokyo               Tokyo Disneyland, Odaiba
Day 9 31/12/2013    Tokyo               Shibuya, Meiji Jingu, Omotesando
Day 10 1/01/2014   KIX - CKG        Flight Airasia QZ235

Selanjutnya itinerary ini akan kita kembangkan dengan keterangan detail dan gambar, peta, petunjuk serta catatan yang kita perlukan. Nanti saya akan post detailing Itinerary nya ya.

kaiyukan, aquarium terbesar di osaka                                                           (foto: dok pribadi)

budgeting  ... perlu berapa ya ?

nah yang satu ini agak rumit, karena biasanya antara keinginan dan kesiapan sering nggak nyambung. Dilain post saya akan bahas lebih detail mengenai budgeting yg dihubungkan dengan itinerary kita masing masing.

Untuk singkat nya, budgeting itu mencakup beberapa hal.
      Belanja persiapan
             ini kita keluarkan sebelum berangkat, misalnya membeli koper, sepatu, jaket bulu dll
             beli yang diperlukan saja (travel light) dengan harga sesuai budget kita
      Biaya travel document
             untuk mengurus pasport dan visa kita masukan ke biaya travel document
      Biaya Ticketing
             ticket pesawat pulang pergi dan flight domestic kiat hitung disini
             sebisanya membeli tiket pesawat dengan harga promo dan jauh hari sebelum keberangkatan
      Biaya Hotel
             penginapan sangat bervariasi harganya, sesuaikan dengan budget yang kita siapkan
             walaupun dengan batasan harga, usahakan mencari hotel yang dekat dengan station
             kereta, supaya kita tidak perlu naik taxi atau jalan kaki menarik koper terlalu jauh
     Biaya Transport
             yang masuk disini adalah biaya untuk JRpass, tiket kereta yang tidak dicover Jrpass,
             juga tiket bus macam Nohi bus ataupun taxi
     Biaya Makan
             Biasanya kita booking hotel dengan harga room only supaya lbh hemat. Nah makan pagi
             makan siang, makan malam kita masukan disini perkiraan nya.
     Biaya lain lain
             nah biaya yang satu ini sangat bervariable, karena termasuk untuk uang saku, beli minuman
             ringan dan snack di minimarket sepanjang perjalanan, vending machine dan souvenir.
             serta persiapan untuk pengeluaran lain tak terduga, misal nya ada baju bagus lagi discount.

dan yang penting adalah berdoa ... serta jaga kesehatan fisik  ...

siap nggak siap kita akan berangkat pas hari H ....

tujuan pertama kami adalah Osaka , Kansai International Airport ..

KIX Kansai International Airport                                                           (foto: dok pribadi)