Translate

Jumat, 29 Juli 2016

KAWAGUCHIKO , danau yang indah dengan pemandangan gunung Fuji

beruntung kami mengunjungi Kawaguchiko pada musim winter saat cuaca yang cerah tanpa awan, air danau yang tenang dan udara dingin memberi suasana teduh

sehingga bisa menikmati pemandangan gunung Fuji dengan puncaknya yang putih tertutup salju.

gunung Fuji tampak dari Kawaguchiko                                                                      (foto: dok pribadi)
perjalanan dari Osaka menuju Kawaguchiko cukup jauh kurang lebih 6 jam walaupun sudah disupport Shinkansen di salah satu ruas jalurnya, kita bisa memilih untuk bermalam di Tokyo dan melakukan daytrip ke Kawaguchiko atau bermalam di Kawaguchiko tapi menempuh perjalanan yang lebih panjang. Keduanya sama sama menghabiskan waktu 2 hari 1 malam.

kami bermalam di Kawaguchiko karena ingin melihat matahari terbit dibalik gunung Fuji. Untuk itu kami harus melakukan ganti ganti kereta beberapa kali selama kurang lebih 6 jam perjalanan.

kami berangkat lebih awal hari ini supaya tidak buang buang waktu di perjalanan, ngantuk akan dibayar dengan tidur di kereta nanti ..begitu rencananya.... hahaha...

dari Shinsaibashi naik subway ke Shin-Osaka Station, begitu tiba langsung ke JR office untuk reservation shinkansen Hikari rute Osaka - Tokyo. kalau untuk naik kereta commuter tidak perlu reserved seat atau beli tiket, cukup tunjukan kartu JRpass di gate masuk station keretanya saja.

Biasanya kereta commuter nggak ada petugas yang periksa tiket didalam keretanya, kecuali kereta antar kota sering ada petugas yang periksa tiket. Cukup tunjukan JRpass saja, walaupun sebenarnya kita harus menunjukan JRpass dan passport juga.

JRpass voucher yang akan ditukar menjadi JRpass ticket                                                    (foto: wikimedia.org)
Karena JRpass ini kan hanya untuk turis asing dan belinyapun tidak bisa di Jepang, harus sudah dibeli diluar jepang. Hanya saja sampai di jepang voucher JRpass nya harus ditukar dengan tiket JRPass di JR office. Waktu penukaran voucher ke tiket kita menentukan kapan mulai tiket itu efektif, karena JRpass ada yang berlaku untuk 7 hari, 14 hari dan 21 hari.

ternyata Tokaido shinkansen Hikari tujuan Tokyo pada jam itu nya sudah penuh untuk yang Non Smoking reserved seat. Kami cukup terkejut karena tidak mengira akan penuh, tapi petugasnya menjelaskan bisa reserved di smoking car dengan resiko gabung bersama penumpang lain yang merokok,

supaya nggak buang waktu menunggu shinkansen berikutnya, kami setuju dengan alternatif itu. yang penting bisa segera berangkat ke Kawaguchiko. Maka jadilah kami pertama kali merasakan naik Shinkansen di Smoking car nya.

signboard di station                                                                                                    (foto: Japan-guide.com)
Segera kami mencari platform yang tertera di signboard tempat shinkansen kami akan berhenti. Mengantri di jalur yang ditentukan, setiap jalur antrian di sesuaikan dengan nomor car yang akan kita tumpangi. Nah di setiap car akan tercantum nomor car itu, jenis shinkansen, tujuan, reserved atau non reserved dan smoking atau non smoking.

nomor Shinkansen car yang Reserved, Jenis shinkasnsen dan tujuan                                          (foto: japan-guide.com)

perjalanan dengan Shinkansen 2.5 jam kami gunakan untuk tidur karena masih ngantuk akibat tidur larut malam menyelesikan packing dan bangun pagi pagi, resiko travel secara fast pace. sayang karena tertidur kami lupa untuk menikmati pemandangan gunung Fuji dari shinkansen ini di tengah perjalanan. kalau mau melihat pemandangan gunung Fuji di rute Osaka-Tokyo ini, duduklah disebelah kiri, dan sebaliknya kalau rute Tokyo-Osaka duduk di sebelah kanan.

gunung Fuji dilewati rute Tokaido Shinkansen                                                   (foto: japan-guide.com)

sampai di Shin-yokohama kami turun dan berganti kereta lokal ke Hachioji, station kecil. Setiap station kecil memiliki keunikan tersendiri, dan duduk di platform menikmati suasananya sangat menyenangkan. Kami bisa beristirahat sejenak disini karena jadwal kereta nya agak jauh kalau di station kota kecil, kemudian sambung kereta lagi ke Otsuki, station kecil juga.

signboard kereta Azusa di Otsuki station , beisa rubah bhs inggris dan bhs jepang                      (foto: dok pribadi)

waktu kami sampai di Otsuki, kami segera mencari cari kereta  Fujikyu Railway tujuan Kawaguchiko. Ternyata sangat ramai penumpang kereta Fujikyu ini. Buru buru kami membeli tiket di gate masuk, dan petugas memberitahu kami untuk segera ke kereta Fujikyu nya karena segera akan berangkat. Maka kami berlari sambil menarik koper masing2, daripada ditinggal kereta? yang unik kereta Fujikyu di dekorasi gambar kereta kartun si Thomas .. hahaha ... mungkin karena kereta pariwisata ya ..

kereta dengan dekorasi si Thomas                                                                       (foto: dok pribadi)

dalam perjalanan dengan kereta Fujikyu Railway ini pemandangan sore sangat mempesona. Pemandangan gunung Fuji saat matahari yang hampir terbenam benar benar mengagumkan. Perjalanan ini juga melewati Fuji-Q Highland, amusement park dengan roller coaster dan permainan extreme lainnya.

pemandangan gunung Fuji dari kereka menuju Kawaguchiko         (foto: dok pribadi)
Menjelang senja tibalah kami di Kawaguchiko Station, udara sudah dingin saat kami turun dari kereta. Station Kawaguchiko lebih traditional dekorasinya, mungkin karena sebagai tempat tujuan wisata alam. Masih ada sisa tumpukan salju di sekitar station.

gunung Fuji terlihat dari Kawaguchiko station di sore hari                                          (foto: dok pribadi)

Sesuai rencana kami berjalan kaki ke hotel untuk dapat menikmati pemandangan tepi danau, karena jalan raya yang menuju hotel kami menyusuri tepi danau Kawaguchiko Lake.

Tepat diujung jalan sebelum sampai ke danau kami menjumpai minimarket, waktu untuk jajan snack ... kopi hangat dan ramen salah satu pilihan kami selain snack khas lainnya yang banyak dijual di minimarket disana. Ramen hangat sambil menikmati pemandangan danau ... harus anda coba .. kesempatan seperti ini jarang kira rasakan.

pemandangan tepi danau sambil menikmati ramen hangat                            (foto: dok pribadi)

Setelah itu kami meneruskan perjalanan kami menyusuri danau Kawaguchiko sampai ke Hotel Route Inn Kawaguchiko hari sudah gelap. Karena sangat lelah dan dingin kami hanya keluar hotel sebentar melihat lihat suasana danau Kawaguchiko di malam itu.

pemandangan hotel di tepi danau danau menjelang malam                                        (foto: dok pribadi)

Keesokan hari nya .......................................................

udara pagi sangat dingin saat winter ...........................................

pagi pagi saya sudah bangun untuk memotret gunung Fuji yang katanya indah dipagi hari. Musim winter membuat tidak banyak awan jadi lebih mudah mendapatkan gambar yang bersih.

gunung Fuji dari danau Kawaguchiko di pagi hari                                                         (foto: dok pribadi)

Setelah sarapan pagi di hotel, kami siap siap untuk berangkat lagi. Hampir tiap malam kami pindah hotel, ini salah satu resiko travelling fast pace. Juga hotel kami ini, Route Inn Kawaguchiko banyak didatangi turis terutama dari China sehingga suasana cukup ramai saat breakfast. Walaupun hotel mempunyai fasilitas onsen, kami tidak mencoba karena risih dengan cara mandi di onsen .....

ada beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di sekitar Kawaguchiko dengan Retro bus tapi itinerary kami adalah Tokyo setelah ini.

pagi ini kami menghabiskan waktu dengan benar benar menikmati suasana dingin yang cerah di tepi danau Kawaguchiko. matahari cerah, langit tak berawan, tapi dingin tetap ajah menusuk .........

suasana pagi dimusim winter                                                                      (foto:dok pribadi)

Transport dari hotel ke Kawaguchiko station bisa dengan bus atau berjalan kaki, tp kami memutuskan untuk naik taxi saja. Salah seorang receptionist hotel yang ramah membantu kami menelpon taxi, dia bertanya apakah kami perlu 2 taxi ? Karena taxi di sana hanya boleh membawa 4 orang penumpang dewasa. Saya berdiskusi dengan receptionist itu  apa bisa kami memakai 1 taxi saja, lalu dia berbicara lewat telepon dan memberitahu kami bisa memakai 1 taxi saja.

Biaya taxi dari hotel ke Kawaguchiko station tidak sampai 1000yen. Kami langsung menuju platform tempat kereta Fujikyu yang bergambar si Thomas untuk berangkat menuju Tokyo.

kereta si Thomas yang akan membawa kami dari Kawaguchiko ke Otsuki station                 (foto:dok pribadi)

Setelah berkelana di pedesaan dan kota kecil, kami akan menuju ke kota metropolitan TOKYO ..